News & Event

Aksi Sosial Donor Darah PT Pertamina Retail

 

 

   JAKARTA - PT Pertamina Retail kembali menggelar kegiatan donor darah. Jumat (7/4) aksi sosial ini dilaksanakan di Ruang Pertamax Racing Kantor Pusat PT Pertamina Retail, dan berhasil mengumpulkan 40 kantong darah dari 46 pendonor.


   Corporate Secretary Ivan Asmara mengatakan, pihaknya selama ini memang sangat konsisten membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang kesulitan mencari darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

   “Setiap 3 bulan sekali PT Pertamina Retail menggelar kegiatan donor darah karena rata-rata kebutuhan darah setiap bulannya meningkat. Dalam setahun ada empat kali kita melakukannya,” kata Ivan Asmara.


   Dikatakan Ivan, mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya.

   “Mendonorkan darah juga berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung. Saat sumsum tulang panjang memproduksi sel darah, bukan hanya sel darah merah yang dibuat, tapi juga semua sel darah berserta komponennya,” ucapnya.