News & Event

Ukir Sejarah Baru PT Pertamina Retail Perdana Melakukan Perundingan Perjanjian Kerja Bersama 2018-2020

 

 

 

JAKARTA – Peningkatan kreativitas dan produktifitas kerja serta keberlangsungan bisnis perusahaan secara berkesinambungan hanya dimungkinkan apabila telah terbentuknya suatu hubungan kerja yang dinamis, harmonis, selaras, serasi dan seimbang antara perusahaan dan pekerja sehingga tercipta ketenangan dan keharmonisan dalam bekerja sesuai asas hubungan industrial yang terbuka, transparan, dan komunikatif.

Untuk memahami serta menghargai tugas dan kewajibannya masing-masing dan menyadari sepenuhnya akan tanggungjawab bersama, maka disusunlah suatu perjanjian kerja bersama sebagai wujud hubungan industrial yang terbuka, transparan dan komunikatif, dengan mengusung tema “Together We Are Stronger”. Perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT Pertamina Retail periode 2018-2020 secara perdana diselenggarakan selama 2 hari, 27-28 Februari 2018 di Hotel Mercure Ancol.

Dalam sambutannya Sofyan Yusuf selaku Direktur Utama PT Pertamina Retail menyampaikan bahwa PT Pertamina Retail telah melaksanakan salah satu amanat perundang-undangan dibidang ketenagakerjaan, yaitu melaksanakan perundingan perjanjian kerja bersama. “Kami memandang penting peran dialog dan komunikasi pada perundingan ini untuk membangun kesepahaman, rasa percaya dalam mengatasi tantangan bisnis kedepan. PT Pertamina Retail sangat mendorong terciptanya komunikasi yang terbuka, transparan dan usulan yang membangun demi kemajuan kita bersama. Terlaksananya perundingan PKB priode 2018-2020 ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dan serikat pekerja dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan”.

Sementara itu, Donny Widyanto selaku ketua serikat pekerja PT Pertamina Retail (SP2RB) menjelaskan bahwa perundingan PKB PT Pertamina Retail periode 2018-2020 yang sedang berlangsung merupakan perundingan yang pertama, jadi perundingan ini memang tahap awal, untuk menunjukan bahwa perusahan dan serikat pekerja bersama-sama memliki tujuan untuk mendukung visi misi perusahaan.

“Dapat kami sampaikan bahwa tujuan pelaksanaan perundingan PKB ini dalam rangka meningkatkan sinergi antara perusahaan dengan pekerja sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan Republik Indonesia tentang ketenaga kerjaan No. 13 tahun 2003 Pasal 116 dan secara bersama-sama dengan SP2RB untuk meningkatkan performance bisnis perusahaan demi terwujudnya kesejahteraan bagi semua pekerja dengan menjadikan pekerja sebagai sebuah aset berharga untuk perusahaan PT Pertamina Retail,” tutur Donny.

Dalam perundingan ini dihadiri dan disaksikan juga oleh Dian Suhermawan selaku Manager Industrial Relation PT Pertamina (Persero) dan Karolis Simatupang selaku Mediator Hubungan Industrial dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat.

Upaya perundingan keduabelah pihak yang telah dilakukan dalam semangat kemitraan telah mencapai suatu kesepakatan yang bersejarah dengan disepakatinya perjanjian kerja bersama. Dengan terwujudnya kemitraan secara formal tersebut maka kedua belah pihak sepakat untuk tetap menjaga kepentingan perusahaan dan pekerja serta bertekad untuk saling bahu membahu guna mencapai visi misi bersama yaitu menjadikan PT Pertamina Retail sebagai perusahaan retail terdepan.