News & Event

Pertamax Turbo Road To Euro 4

 

 

 

JAKARTA – Sebagai upaya untuk terus memenuhi standar bahan bakar menuju Euro 4 PT Pertamina (Persero) menghadirkan inovasi produk dan layanan terbarunya, yaitu Pertamax Turbo dengan kualitas yang lebih baik (road to euro 4). Peluncuran produk tersebut dilakukan di SPBU Pertamina 31.126.01 Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017). Selain produk tersebut, secara serentak juga diluncurkan My Pertamina Loyalty Program, Bright Package serta kerja sama dengan perusahaan transportasi online Go-Jek dalam mengembangkan solusi layanan berbasis digital.

 

Launching keempat program tersebut secara bersamaan dikemas dalam acara bertajuk Pertamina Commitment Exhibition: Fuelling Indonesia’s Digital Future. Pertamax Turbo yang diluncurkan merupakan hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan dengan kualitas lebih baik yang memenuhi standar emisi gas buang kendaraan Euro 4. versi  upgrade dari seri Pertamax Turbo sebelumnya ini adalah BBM kualitas tertinggi yang ada di pasar domestik dengan kandungan Research Octane Number (RON) 98 dan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm).

 

Dengan kandungan tersebut, menjadikan Pertamax Turbo road to Euro 4 ini jauh lebih ramah lingkungan. Hal ini telah dibuktikan melalui uji emisi yang dilakukan oleh LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx). Upaya Pertamina dalam memenuhi standar tersebut serta meningkatkan kualitas udara di Indonesia dengan mengurangi emisi gas buang demi kesehatan masyarakat Indonesia diusung dengan kampanye “Road to Euro 4”.

 

“Pertamax Turbo ini secara RON kelasnya di atas para pemain yang ada di domestik. Sekarang ini RON 98, tidak ada yang menandingi Pertamax Turbo di pasar domestik. Kita angkat lagi dengan standar sulfur nya itu sudah standar Euro, yaitu dibawah 50 ppm. Ini adalah komitmen Pertamina yang terus mengadakan perbaikan dalam melayani customer sesuai dengan tuntutan era teknologi mesin. Dan yang terutama adalah kita bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan yang lebih baik,” jelas Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar.

 

Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru dapat ditemukan secara bertahap pada SPBU di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat untuk selanjutnya juga akan dijual di seluruh Indonesia. Pada kesempatan yang sama, MyPertamina Loyalty Program diperkenalkan sebagai salah satu pelopor kombinasi loyalty program dan cashless payment dalam bentuk aplikasi dan kartu yang terintegrasi. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store dan App Store yang berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan point dan reward dari pembelian produk Pertamina. My Pertamina dapat digunakan di 60 SPBU yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jabar, dan akan terus berkembang ke SPBU lainnya.

 

Sementara itu, PT Pertamina Retail bekerjasama dengan BP Corporation dan PCP Express mengembangkan Bright Package, Yaitu layanan pengiriman terlengkap dengan konsep yang sangat Indonesia. Setiap layanan yang dimiliki oleh Bright Package pun memiliki nama yang unik, yaitu Sarini (Sampai hari Ini), Putra (Paket Ngebut ayanan Ekstra), Sehati (Sehari Tiba), Hemat (Harga Ekonomis Tepat Waktu), Pakde (Paket Gede), dan Pinang (Pindahan Barang). Saat ini Bright Package sudah tersedia di SPBU S. Parman, dan akan berkembang ke SPBU Pertamina lainnya.

 

Terakhir, guna mengikuti perkembangan digitalisasi marketing, Pertamina juga menjalin kerja sama dengan perusahaan transportasi berbasis daring Go-Jek untuk memberikan layanan yang cepat, aman dan nyaman di era digital saat ini. Kolaborasi Pertamina dan Go-Jek ini akan memberikan berbagai pilihan layanan, mulai dari pengantaran produk-produk Pertamina, mulai dari BBM, pelumas hingga tabung gas. Pertamina melalui anak usaha PT. Tugu Pratama Indonesia juga akan menyediakan pilihan asuransi bagi mitra Go-Jek.

 

Pertamina juga menggandeng Garuda Mas Energi sebagai penyalur untuk mengembangkan para pegiat usaha kecil menengah seperti para penjual BBM eceran yang saat ini berada di tengah masyarakat. “Ini dalam rangka era digitalisasi, termasuk kita komit kerja sama dengan Go-Jek bagaimana mempercepat proses digitalisasi marketing, termasuk kemudahan dalam bertransaksi. Goalnya adalah bagaimana customer lebih nyaman, efisien dalam  transaksi dan mudah. Komunikasi dengan customer ini akan lebih dekat lagi. Ini adalah semangat untuk bangsa dan negara kita yang kita cintai,” pungkas Iskandar