News & Event

Sinergi Value Creation Pertamina Group

 

 

 

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) bersama PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk (TPI), Fungsi Marketing Communication PT Pertamina (Persero), Fungsi Domestic Gas PT Pertamina (Persero), dan tiga anak usaha Pertamina lainnya sepakat untuk menjalin sinergi bisnis retail yang saling menguntungkan. Ketiga anak usaha Pertamina itu adalah PT Pertamina Retail, PT Pertamina Lubricants, dan PT Patra Jasa. 

 

Kesepakatan itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Presiden Direktur TPI Indra Baruna, Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Muchamad Iskandar (saat menjabat), Direktur Operasi PT Pertamina Retail Pramono Sulistyo, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants Andria Nusa, dan Direktur Utama PT Patra Jasa M. Haryo Yunianto (saat menjabat) di Denpasar, Bali, Selasa (3/4/2018). 

 

Indra Baruna menjelaskan, TPI terus berupaya untuk mengembangkan usaha ritel yang dimulai dari captive market maupun mitra strategis sebagai saluran distribusi. “Penandatanganan MoU Sinergi Usaha dengan Pertamina Group merupakan wujud keseriusan kami untuk mengembangkan bisnis asuransi ritel yang mampu memberikan value creation dan pemenuhan kebutuhan pelanggan,” ujar Indra.

 

Dengan adanya nota kesepahaman ini, menurut Indra, TPI menyiapkan perlindungan asuransi bagi masyarakat yang menjadi pelanggan dari produk dan bisnis anak-anak usaha Pertamina. Untuk Domestic Gas, misalnya, perseroan menawarkan layanan asuransi gas, sedangkan untuk Pertamina Lubicants disiapkan asuransi pelumas. Untuk fungsi Marketing Communication Pertamina, penyediaan asuransi itu bisa dilakukan melalui MyPertamina Card.

 

Bersama Pertamina Retail, TPI akan memanfaatkan distribution channel yang tersebar di seluruh Indonesia melalui SPBU COCO dan Bright Store. Sedangkan dengan Pertamina Lubricants, TPI akan menyediakan bundling proteksi asuransi di setiap pembelian pelumas Pertamina. “Dengan Patra Jasa, TPI akan memenuhi kebutuhan produk asuransi yang sejalan dengan pengembangan bisnis Patra Jasa, ” imbuhnya.

 

Indra menambahkan, sinergi antara TPI dan Pertamina Group bertujuan untuk meningkatkan value preposition Pertamina serta memberikan pemenuhan kebutuhan pelanggan Pertamina dan anak usahanya. “Dengan memanfaatkan basis pelanggan yang luas dari MyPertamina Card, TPI bisa lebih melayani masyarakat dan memenuhi kebutuhan proteksi asuransi secara lebih luas lagi. Ini juga dapat menjadi sumber keuntungan bagi Pertamina Group,” pungkasnya.