Raih ISO 37001:2016, PT Pertamina Retail Buktikan Komitmen Menuju Zero Fraud & Zero Bribery

Jakarta, 20 Maret 2021 – PT Pertamina Retail berhasil meraih ISO 37001:2016 perihal Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dari BSN NQA Indonesia, Jumat 19 Maret 2021. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Direktur PT NQA Indonesia, Bapak Novian Amrah Putra, selaku Leader Auditor kepada Direksi PT Pertamina Retail dan seluruh anggota TKAP pada Acara Closing Audit Meeting melalui rapat virtual, Kamis (18/3).

Direktur Utama Pertamina Retail, Iin Febrian, menyatakan kebanggaannya atas sertifikasi tersebut dan berjanji akan terus mengawal Pertamina Retail agar menjadi perusahaan yang terpercaya. “Pada sasaran mutu dan Anti Penyuapan, Pertamina Retail, kami menargetkan zero fraud dan zero bribery di head office dan unit-unit usaha perseroan.” Ujar Iin pada acara closing speech Audit ISO kemarin. Selain himbauan dari Induk perusahaan, PT Pertamina (Persero) untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen Anti Penyupan, Iin menyatakan implementasi ISO 37001:2016 adalah suatu kebutuhan dalam rangka mendorong budaya bersih di lingkungan perseroan dan seluruh stakeholdersnya. “Dengan membangun Sistem Manajemen Anti Penyuapan, saya meyakini, Pemegang Saham dan seluruh stakeholders akan terbangun kepercayaannya dan pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan secara signifikan”.

Pembangunan SMAP di Pertamina Retail dimulai sejak 22 Oktober 2020 dan berakhir pada 19 Maret 2021. Proses pembangunan sistem melalui lima tahapan, yaitu dimulai dari masa persiapan, masa pengembangan system, masa implementasi, masa review dan proses sertifikasi. Iin berharap SMAP ini bukan hanya berhasil dalam bentuk sertifikasi saja, tetapi dapat tersosialisasi, terimplementasi hingga tingkat unit-unit bisnis. Untuk mencapai target tersebut, Iin meminta kepatuhan kepada seluruh Perwira Pertamina Retail dan kerjasama dengan para stakeholders.

Dengan diraihnya Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan ini, maka PT Pertamina Retail akan terus menerus melakukan pembenahan diri dan perubahan yang lebih baik (continuous improvement) dalam hal menjunjung tinggi budaya bersih dan good governance.

Media Contact:
Belinda
Ast. Manager Corporate Communication
belinda@pertamina.com