PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA 2021-2023 ANTARA PT PERTAMINA RETAIL DENGAN SERIKAT PEKERJA PERTAMINA RETAIL BERSATU

March 24, 2021

Jakarta, 24 Maret 2021 – Peningkatan kreativitas dan produktifitas kerja serta keberlangsungan bisnis perusahaan secara berkesinambungan hanya dimungkinkan apabila telah terbentuknya suatu hubungan kerja yang dinamis, harmonis, selaras, serasi dan seimbang antara perusahaan dan pekerja sehingga tercipta ketenangan dan keharmonisan dalam bekerja sesuai asas hubungan industrial yang terbuka, transparan, dan komunikatif.

Untuk memahami serta menghargai tugas dan kewajibannya masing-masing dan menyadari sepenuhnya akan tanggungjawab bersama, maka disusunlah suatu perjanjian kerja bersama sebagai wujud hubungan industrial yang terbuka, transparan dan komunikatif, dengan mengusung tema “Rising Together to The Challenge”. Perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT Pertamina Retail periode 2021-2023 diselenggarakan baik secara online maupun offline di Jakarta pada tanggal 17-19 Maret 2021.

Dalam sambutannya Iin Febrian selaku Direktur Utama PT Pertamina Retail menyampaikan bahwa PT Pertamina Retail telah melaksanakan salah satu amanat perundang-undangan dibidang ketenagakerjaan, yaitu melaksanakan perundingan perjanjian kerja bersama. “Kami memandang penting peran dialog dan komunikasi pada perundingan ini untuk membangun kesepahaman, rasa percaya dalam mengatasi tantangan bisnis kedepan. PT Pertamina Retail sangat mendorong terciptanya komunikasi yang terbuka, transparan dan usulan yang membangun demi kemajuan kita bersama. Terlaksananya perundingan PKB priode 2021-2023 ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dan serikat pekerja dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan”.

Sementara itu, Yayan Budiyanto selaku Ketua Serikat Pekerja Pertamina Retail Bersatu (SP2RB) menjelaskan bahwa perundingan PKB PT Pertamina Retail periode 2021-2023 yang sedang berlangsung merupakan perundingan yang kedua, jadi perundingan ini memang tahap lanjutan, untuk menunjukan bahwa perusahan dan serikat pekerja bersama-sama memliki tujuan untuk mendukung visi misi perusahaan.

Upaya perundingan keduabelah pihak yang dilakukan dalam semangat kemitraan telah mencapai suatu kesepakatan perjanjian kerja bersama. Dengan terwujudnya kemitraan secara formal tersebut maka kedua belah pihak sepakat untuk tetap menjaga kepentingan perusahaan dan pekerja serta bertekad untuk saling bahu membahu guna mencapai visi misi bersama yaitu Menjadi Perusahaan Retail Energi Nasional Kelas Dunia yang Terpecaya dan Penopang Kemandirian Ekonomi Masyarakat.

Media Contact:
Belinda

Ast. Manager Corporate Communication
belinda@pertamina.com