Pertamina Retail Dobrak Score GCG Menjadi Kategori Baik

Jakarta, 5 April 2021 – Apapun eranya, baik Bisnis 3.0, 4.0 dan 5.0 atau saat ini dikenal dengan istilah Era Vuca, Era Disruptive atau Era Omni, kepercayaan adalah hal yg bersifat mutlak. Good Corporate Governance adalah prinsisp pengelolaan perusahaan dengan azas TARIF, Transparansi, Akuntabilitas, Responaibilitas, Independence dan Fairness. Prinsip GCG inilah yang memberikan kepuasan dan terbentuknya kepercayaan dari seluruh stakeholders. Sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN SK-16/S.MBU/2012 tentang Penilaian Dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance), wajib diasses dua tahun sekali oleh pihak indenpendent.

Assessment Good Corporate Governance (GCG) PT Pertamina Retail tahun 2020 ditutup dengan peningkatan signifikan skor GCG PTPR menjadi 76.7 atau masuk ke dalam kualifikasi Baik. Pencapaian ini melengkapi tren positif perolehan skor GCG PTPR dalam beberapa tahun terakhir dimana pada tahun sebelumnya hasil penilaian GCG PTPR berada di angka 72.31 atau masih kategori Cukup Baik.

Exit Meeting GCG Assessment itu digelar setelah PTPR menuntaskan proses evaluasi yang berlangsung selama periode 18 Desember 2020 – 5 April 2021. Pada acara exit meeting itu, turut hadir Perwakilan Pemegang Saham PT Pertamina (Persero) Bapak Gatot Setiawan, Direksi PT Pertamina Retail, beserta Dewan Komisaris menerima langsung Tim Assessment yang dipimpin oleh Direktur Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bapak Agus Puruhita.

Tim Assessment yang beranggotakan Ibu Eny, Ibu Titin dan tim, menilai penerapan GCG di PTPR dari lima aspek, yaitu Komitmen terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik secara Berkelanjutan, Pemegang Saham dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi, serta Pengungkapan Informasi dan Transparansi. “Perseroan memiliki komitmen untuk selalu menerapkan standar tata kelola yang baik dan berupaya keras menerapkan GCG secara berkesinambungan lebih dari sekedar kepatuhan terhadap standar dan peraturan perundangan” tutur Iin Febrian selaku Direktur Utama PTPR

Dalam kesempatan itu pula Iin menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada Tim BPKP khusunya yang sudah berkolaborasi dengan PTPR “Semoga penerapan GCG yang berkelanjutan akan berkorelasi positif terhadap kinerja perusahaan, adapun aspek-aspek lain yang belum sesuai dengan kriteria good governance tentunya menjadi bahan evaluasi untuk kami di masa yang akan datang” tambah Iin.