Pertamina Retail Hadirkan Layanan Full Self-Service dengan Pembayaran Nontunai

Jakarta, 21 April 2021 – Pertamina Retail terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, salah satu inovasi yang baru saja dihadirkan adalah memberikan layanan self-service dan cashless di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), salah satunya di SPBU COCO Fatmawati 31.124.02 Jakarta Selatan pada Rabu, 21 April 2021, tentunya layanan ini akan terus dikembangkan secara bertahap dan hadir di beberapa SPBU lainnya.

CEO Subholding Commercial & Trading (C&T) PT Pertamina Patra Niaga Mas’ud Khamid menyampaikan, self-service adalah upaya Pertamina memberikan akses dan transparansi ke customer. Adanya layanan tersebut, konsumen bisa yakin dengan jumlah takaran tanpa khawatir ada rekayasa atau keraguan lain.

“SPBU self-service memiliki keunggulan dalam aspek digitalisasi, cost leadership, mitigasi fraud, simplifikasi bisnis proses, dan customer experience,” ujar Mas’ud

Sedangkan layanan cashless diharapkan akan memudahkan masyarakat tidak harus bertransaksi dengan uang tunai, hal ini merupakan upaya Pertamina menjawab tren lifestyle konsumen.

Penggunaan e-payment semakin tinggi, terutama milenial, sehingga diharapkan masyarakat nonmilenial juga tidak ketinggalan dan beradaptasi dengan hal ini.

“Kita sudah melengkapi pelayanan self-service dengan pelayanan cashless, hal itu seiring dengan tren pembentukan masyarakat cashless atau cashless society yang saat ini sudah mulai diterapkan di negara maju. Transaksi nontunsi itu sudah lebih dominan dari transaksi tunai,” ucap Mas’ud.

Mas’ud mengharapkan, melalui peningkatkan layanan tersebut, transaksi cashless naik menjadi 60 persen dari yang sebelumnya 25 persen. Potensi revenue bisa meningkat dari 2,7 triliun menjadi 6,5 triliun selama 12 bulan di 180 SPBU.

Direktur Utama PT Pertamina Retail (PTPR) Iin Febrian menyampaikan, adanya program self-service dan Cashless di SPBU Fatmawati ini menjadi momen yang spesial karena meski sempat diterapkan layanan self-service dan cashless belum dilakukan secara penuh.

“Kita memang sudah mulai menerapkan layanan self-service dan cashless sebelumnya tapi masih bersifat parsial. Di SPBU Fatmawati ini sudah fully self-service dan cashless. Tentu ini adalah wujud nyata sebagai tindak lanjut elabolarasi Program Digitalisasi Pertamina, diharapkan di masa mendatang program ini akan terus berkembang,” tutur Iin.