Peringati Hari Bumi Sedunia, Pertamina Turut Berpartisipasi Dalam Kampanye #LangkahHijau

Jakarta, 22 April 2021 – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia 2021, Grab, bersama pejabat pemerintah Indonesia, mitra strategis dan sektor privat mengusung kampanye #LangkahHijau.

Kampanye #LangkahHijau percaya bahwa setiap orang dapat mengambil bagian secara positif untuk menjaga lingkungan dengan 3 langkah, yakni langkah menanam pohon, langkah kurangi emisi, dan langkah daur ulang.

Untuk mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 terkait percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, Pertamina berupaya untuk dapat berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 di Indonesia.

“Pertamina yang memiliki cita-cita menjadi world class energy company secara bertahap menyiapkan transisi energi ke arah energi terbarukan” Ucap Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dalam konferensi pers tersebut.

“Salah satunya dalam sektor energi baterai kendaraan listrik melalui pembentukan perusahaan patungan Indonesia Battery Corporation (IBC) serta menyiapkan insrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik di sisi hilirnya” tambahnya.

Pertamina sebagai penyedia utama energi primer bahan bakar kendaraan, saat ini menjadi top of mind masyarakat ketika melakukan pengisian kendaraan listrik.

Sejak tahun 2020, Pertamina bersama-sama dengan partner strategis telah mulai menyiapkan infrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik baik untuk kendaraan roda empat, maupun kendaraan roda dua.

“Saat ini Pertamina telah mengembangkan 6 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) bertipe fast charging yang tersebar di lokasi SPBU dan lokasi strategis lainnya yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta dan Banten” Ujar Nicke.

“Dalam pengoperasian SPKLU nantinya akan bersifat Self Service dan Cashless dengan tetap mengedepankan kemudahan pengisian bagi pemilik kendaraan”.

Melalui program #LangkahHijau Pertamina bersama Grab berkomitmen untuk menjalin kerja sama dalam pengembangan bisnis SPKLU fast charging, yang dimulai di area Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan wilayah dengan mobilitas dan traffic yang cukup tinggi.

Melalui sinergi bersama Grab yang terus berkomitmen meningkatkan jumlah armada kendaraan listriknya, Pertamina berkeyakinan bahwa kerja sama ini akan membawa kontribusi yang positif guna mendukung arahan pemerintah dalam proses percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia.

“Pada akhirnya, kami harapkan semoga sinergi kerja sama yang sudah diinisiasi dengan baik akan dapat berjalan dengan lancar dan kedepannya akan terus meningkat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Indonesia dan lingkungan” tutur Nicke .