GELAR RUPS, PTPR RAIH CAPAIAN POSITIF DI 2020

May 5, 2021

Jakarta, 4 Mei 2021 – PT Pertamina Retail (PTPR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2020, bertempat di Pertamax Tower Grha Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 4 Mei 2021. Hajat tahunan ini membahas seputar pencapaian kinerja perusahaan tahun 2020, sekaligus target PTPR di 2021.

Hadir pada kesempatan ini Komisaris PTPR Endang Sutisna, Direktur Utama PTPR Iin Febrian dan Direktur Keuangan & Umum Bambang Wijanarko, dan disaksikan oleh para Perwira PTPR melalui daring. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Direktur Utama PTPR Iin Febrian menuturkan, meskipun dihadapkan dengan tantangan pandemi Covid-19, PTPR berhasil menutup tahun 2020 dengan pencapaian yang baik. Dimana perusahaan berhasil membukukan keuntungan mencapai Rp 252 miliar. Angka tersebut lebih besar dibanding tahun 2019.

“Revenue kami sejatinya turun 13 persen, size volume turun 8 persen, karena memang daya beli masyarakat yang terbatas dan aktifitas masyarakat yang memang dibatasi kebijakan Pemerintah. Namun karena upaya-upaya yang luar biasa dilakukan oleh perwira PTPR dalam rangka survival strategi. Kami justru dapat membukukan keuntungan yang lebih besar dibanding 2019. Growth tumbuh sebesar 14 persen. Itu pencapaian yang luar biasa,” terangnya.

Disamping itu, PTPR juga berupaya menciptakan value creation dari setiap linis bisnisnya. Disamping itu, strategi cost leadership yang dilakukan perusahaan juga membuahkan hasil yang signifikan. “Efisiensi kami hingga 20 persen dibanding RKAP 2020. Itulah kontribusi yang besar bagi kinerja perusahaan di tahun 2020, sehingga keuntungannya bisa mencapai Rp 252 miliar,” ujarnya.

Sedangkan untuk di tahun 2021, PTPR juga telah menetapkan sejumlah target yang terbilang cukup menantang. “Untuk tahun 2021 tentu juga sama kami akan tumbuh revenue secara signifikan itu hampir 30 persen dibanding tahun 2020. Demikian halnya dari sisi profitabilitas, lebih dari Rp 300 miliar kami targetkan profit kita dapat kita capai di tahun 2021,” imbuh Iin.

Berbekal Sumber Daya Manusia (SDM) PTPR yang unggul dan berkompeten dengan tata nilai AKHLAK, Iin Febrian mengaku optimis mampu menggapai aspirasi Pertamina sekaligus target RKAP tahun 2021. “Insya Allah dapat kita wujudkan bersama. Tetap semangat, optimis dan selalu berkolaborasi mewujudkan target-target yang menantang di tahun ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris PTPR Endang Sutisna menyampaikan selamat dan apresiasi atas pencapaian kinerja positif PTPR di tahun 2020. “Secara umum RUPS Alhamdulilah berjalan lancar dan perlu disampaikan bahwa para pemegang saham merasa cukup puas dengan kinerja PTPR, baik Dewan Komisaris maupun Dewan Direksi,” ujar Endang.

Menurutnya keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh Perwira PTPR, sehingga mampu menjawab semua tantangan yang ada. “PTPR mampu menjawab semua tantangan itu, dan tentunya dibuktikan dengan kinerja keuangan kita yang mana perusahaan-perusahaan lain mungkin mengalami marginnya menurun, bahkan ada yang merugi, tapi Alhamdulillah kami tetap berada di margin zona yang positif di tahun 2020,” kata dia menambahkan.

Kedepannya, Endang berharap PTPR bisa jauh lebih baik lagi dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan. Sehingga mampu mencapai seluruh target atau aspirasi yang telah ditetapkan PTPR maupun Pertamina. Dirinya juga mengingatkan untuk tetap menjunjung tinggi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, salah satunya dengan tetap menaati protokol kesehatan di era pandemi seperti saat ini.