IMPLEMENTASI PROGRAM TJSL, PERTAMINA RETAIL GELAR KEGIATAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN HIAS

September 28, 2021

Depok – PT Pertamina Retail (PTPR) berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Salah satunya dengan menggelar kegiatan pelatihan, sosialisasi dan edukasi budidaya ikan hias bagi masyarakat sekitar area SPBU COCO Ciputat, Tangerang, yang tergabung dalam kelompok petani Delima Merah.

Acara ini berlangsung di Balai Riset dan Budidaya Ikan Hias, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, Kamis 16 September 2021. Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

CSR & Community Development Staf PT Pertamina Retail, Sara Ariadi Dahlan menuturkan, tak hanya sekedar pelatihan, pada kesempatan ini Pertamina Retail juga memberikan bantuan berupa bibit unggul ikan hias jenis diskus, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Hal tersebut, lanjut Ari, merupakan salah satu bagian dari upaya perusahaan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyrakat, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Kami dari tim CSR Pertamina Retail melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diamanahkan oleh Holding, yakni PT Pertamina (Persero),” jelasnya saat berada di lokasi acara.

Menurutnya, pemberian bantuan ini menyesuaikan pada minat masyarakat di sekitar area operasi perusahaan. Dimana ikan hias jenis diskus ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu, dirinya berharap pelatihan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar SPBU COCO Ciputat, yang tergabung dalam kelompok Delima Merah. “Sehingga hasil produksi dari keompok tani mendapatkan respon yang baik dari masyarakat dan juga tentunya menambah nilai ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan warga sekitar,” pungkas Ari.

Terpisah, Ketua Kelompok Delima Merah, Aditya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Pertamina Retail atas kegiatan yang dilaksanakan. “Sehingga kami delima merah bisa lebih mandiri lagi, bisa mendapat ilmu, bisa memberikan dampak khususnya untuk kelompok kami dan masyarakat luas,” ungkap Adit.

Ia menambahkan, dengan mengikuti kegiatan ini juga semakin menambah pengetahuannya tentang tata cara budidaya ikan diskus yang baik dan benar. “Saya berterima kasih kepada Pertamina Retail, semoga makin berkembang dan berdampak besar bagi Indonesia,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Agus Cahyadi menyatakan apresiasinya atas dukungan yang telah diberikan Pertamina Retail pada masyarakat, khususnya kelompok Delima Merah.

Dikatakan Agus, Indonesia memiliki potensi besar dalam hal budidaya ikan hias. “Dalam konteks daya saing peternak ikan hias di dunia, Indonesia itu (berada di nomor 2 dengan nilai ekspor kita 8,73 persen. Nilai total alokasi ekspor kita sampai Rp 4,3 triliun,” beber Agus.

Untuk itu Agus menyatakan siap bersinergi dengan Pertamina Retail guna mendukung para pelaku budidaya ikan hias. “Saya Insya Allah optimis bahwa diskus ini akan berkembang cepat,” pungkasnya.