GELAR RUPS TAHUNAN, PERTAMINA RETAIL CATAT HASIL GEMILANG DI 2021

June 13, 2022

Jakarta – PT Pertamina Retail catatkan peningkatan kinerja yang gemilang pada tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Retail Iin Febrian di Grha Pertamina usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Jumat, 10 Juni 2022.

“Dari sisi revenue kami mencatatkan pertumbuhan sebesar 20%, sedangkan dari sisi profit kami mencatatkan pertumbuhan sebesar 50% atau membukukan laba bersih sebesar Rp385 miliar. Itu merupakan capaian tertinggi yang pernah diraih Pertamina Retail,” ujar Iin.

Tak hanya itu, dari sisi kesehatan perusahaan, Pertamina Retail meraih skor 95 yang artinya sebagai perusahaan sehat (AA). Ini menunjukan keuangan Pertamina Retail dalam kondisi sehat (AA), aman dan mampu bertahan di tengah tantangan disrupsi dan geopolitik yang mempengaruhi industri migas dan energi secara global.

“Sedangkan Key Performance Index (KPI) perusahaan, kami sudah melakukan kinerja yang maksimal dengan mencatatkan KPI sebesar 104% di tahun 2021. Ke depannya kami akan melakukan yang terbaik lagi,” ucap Iin.

Adapun tantangan tahun 2022 yakni transisi energi, sebagaimana hal itu selaras dengan rencana Pertamina ke depan.

“Kami akan menjawab tantangan mengenai transisi energi serta transisi pendapatan dari bisnis Pertamina Retail yang selama ini mayoritas penekanan pendapatannya dari bahan bakar. Ke depan kami upayakan transisi ke non fuel retail, artinya pendapatan dari sisi tersebut harus ditingkatkan lagi dan menjadi fokus utama Pertamina Retail saat ini,”

Selain itu, Iin menambahkan, Pertamina Retail juga terus meyakinkan kinerja capex dan investasi akan lebih baik lagi, tak hanya dari sisi kuantitas tapi kualitasnya juga meningkat.

“Pemegang saham mengapresiasi kinerja Pertamina Retail, khususnya untuk Perwira Pertamina Retail yang telah berupaya keras menghadapi pandemi melalui pencapaian kinerja yang sangat baik sehingga menghasilkan pertumbuhan di semua sisi,” tutur Iin.