PERINGATI HUT RI, PERTAMINA RETAIL GELAR BAKTI SOSIAL TES IVA

August 22, 2022

Semarang – Memperingati HUT RI ke-77, PT Pertamina Retail merayakannya dengan menggelar kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Agustus 2022, di Kelurahan Kaliwuru, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69 persen dan spesifitas sekitar 64-98 persen.

Tingginya angka kematian akibat kanker serviks di Indonesia disebabkan karena 95 persen wanita tidak menjalani pemeriksaan secara dini sehingga menyebabkan keterlambatan diagnosis dari kanker serviks dan menurunkan harapan hidup wanita.

“Untuk itu, kami mengadakan IVA test. Tujuannya, untuk melakukan pencegahan dan pengendalian kanker, khususnya kanker serviks yang menjadi peringkat kedua setelah kanker payudara yang dialami wanita,” ujar Asisten Manager Legal Pertamina Retail Andi Wasis.

Selain itu, Andi menambahkan, upaya Ini juga membantu Pemerintah Kota Semarang menekan angka kanker serviks.

“Ini upaya kami mengedukasi masyarakat tentang kanker serviks, sekaligus membantu pemerintah dalam menekan angka kanker serviks di Kota Semarang,” terang Andi.

Tak hanya IVA test, kegiatan sosial tersebut juga pengecekan gizi balita dan kesehatan masyarakat umum.

“Untuk cek gizi kami memberikan bingkisan berupa beras, makanan kaleng, minyak goreng, gula, dan susu. Sedangkan cek kesehatan berfokus pada kesehatan gigi dan kesehatan umum, seperti cek gula darah, kolesterol, dan asam urat, hingga pengobatan yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Andi.

Herlinah Salah satu peserta IVA test mengaku kegiatan trsebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk mereka yang belum mengetahui dirinya apakah berpotensi terkena kanker serviks atau tidak sehingga bisa dilakukan penanganan sedini mungkin,” ucap Herlinah

Ia juga berharap agar kegiatan tersebut terus berkelanjutan di kemudian hari. “Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja, adapun terus berkelanjutan. Terima kasih Pertamina Retail,” tuturnya menambahkan.