PERTAMINA RETAIL DUKUNG EKOSISTEM EV HINGGA GELARAN KTT G20

September 1, 2022

Bali – Pertamina Retail sebagai operator SPBU yang dimiliki langsung oleh Pertamina turut mengambil bagian penting dalam menyukseskan gelaran KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November nanti. Salah satu upaya Pertamina Retail, yaitu menghadirkan SPBU Green Energy Station (GES) yang berada di Jl. Hayam Wuruk No.142, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

“Pertamina Retail ikut andil dalam mendukung transisi energi di Pertamina melalui pembangunan infrastruktur charging station (SPKLU dan swapping station/SPBKLU). Tak hanya itu, dalam gelaran 3rd Energy Transition Working Group (ETWG) Pertamina Retail menyediakan air mineral kemasan Bright sebagai bentuk dukungan kegiatan tersebut,” ujar VP Marketing & Operation Pertamina Retail Bayu Prasetyo.

Bayu juga menyampaikan bahwa lokasi SPBKLU/swapping station sudah berada di enam lokasi SPBU, yakni SPBU COCO Hayam Wuruk, SPBU Kerobokan, SPBU By Pass Ngurah Rai, SPBU Gatot Soebroto, SPBU Cokroaminoto, SPBU Mahendradatta.

“Sedangkan untuk SPKLU-nya, kami sudah mengelola sebanyak enam SPKLU yang tersebar di Jakarta dan Bali. Untuk menyukseskan KTT G20 di Bali dalam waktu dekat Pertamina Retail akan menambah tiga titik SPKLU, yaitu di Pelabuhan Benoa, SPBU 54.803.29, dan SPBU 54.803.04,” terang Bayu.

Green Energy Station (GES) merupakan sebuah inovasi SPBU bertenaga surya yang efisien dan ramah lingkungan.

Selain itu, layanan yang tersedia pada GES mulai dari EV Charging SPKLU (Charging Station) untuk mobil, Swapping Station atau SPBKLU untuk motor, dan juga berbagai pilihan produk BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Untuk Swapping Station kami bekerja sama dengan Grab Bike untuk penyediaan baterai bagi para driver ojeknya. Ke depan tentunya ini bisa digunakan oleh masyarakat luas,” ucap Bayu.

Melalui infrastruktur hilir yang ramah lingkungan tersebut, Pertamina Retail berharap dapat memainkan peranan penting dalam menyukseskan kegiatan G20 dan mendukung Pertamina secara keseluruhan dalam menjalankan transisi energi.

“Kami berharap dapat melakukan yang terbaik bagi perusahaan dan mengambil penting dalam menyukseskan KTT G20, serta mendukung program transisi energi Pertamina,” tuturnya.