SINERGI PERTAMINA BERDAYAKAN DIFABEL MELALUI PELATIHAN ECOPRINT

September 20, 2022

Jakarta – PT Pertamina Retail (PTPR) berkolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants (PTPL) memberikan pelatihan peningkatan keterampilan kepada siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta. Melalui program bertajuk Pertamina Sahabat Difabel, PTPL dan PTPR memberikan Pelatihan Ecoprint kepada 10 siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Rungu dan 5 guru pendamping. Pelatihan ini diadakan selama dua hari pada tanggal 16-17 September 2022.

Melalui salah satu pabrik pelumas PT Pertamina Lubricants, Production Unit Jakarta memilih Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta menjadi lokasi pilihan program Pertamina Sahabat Difabel yang merupakan bagian dari wilayah ring 1, yaitu Kelurahan Tugu Selatan. Ecoprint dipilih sebagai keterampilan yang diajarkan karena ragam produk yang dihasilkan variatif dan berbasis bahan natural.

Mewakili Manager Production Unit Jakarta, Himawan Triyarso menyampaikan bahwa program Pertamina Sahabat Difabel merupakan komitmen dari Pertamina untuk terlibat aktif didalam pemberdayaan kemampuan peyandang disabilitas untuk dapat maju dan mandiri. “Pertamina berupaya memberikan peluang dan ruang bagi para sahabat difabel untuk terus berkarya dan menambah keterampilan baru,” lanjut Himawan Triyarso, usai pembukaan kegiatan pelatihan, Jumat (16/09/2022).

Kepala SLB Negeri 4 Jakarta, Sukimin menyambut baik niat dan upaya dari Pertamina dalam mengembangkan keterampilan anak didiknya. Ia pun berharap program Pertamina Sahabat Difabel ini dapat membantu siswa/i mempersiapkan diri setelah lulus nanti. “Apresiasi kami terhadap kepedulian Pertamina dalam pengembangan keterampilan siswa-siswi kami,” lanjutnya.

Pelatihan Ecoprint di SLB Negeri 4 Jakarta ini mengundang instruktur Tati Leliana Purba. Sebagai seorang pengajar di SLB Negeri 6 Jakarta sekaligus penerima Ibu Ibukota Awards Tahun 2019, Leli menyampaikan
keterbatasan anak-anak SLB dalam mendengar dan berbicara tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya kreatif dan bernilai jual tinggi.

Program Pertamina Sahabat Difabel selaras dengan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan oleh Pertamina sebagai upaya mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Dukungan ini khususnya pada poin 4 Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.