TINGKATKAN LITERASI, PERTAMINA DAN UNPAD HADIRKAN KNOWLEDGE HUB DI SPBU COCO JATINANGOR

June 22, 2024

Jakarta – Kolaborasi Pertamina dan Universitas Padjajaran (UNPAD), PT Pertamina Retail sebagai bagian dari sub holding PT Pertamina Patra Niaga menggelar kegiatan penyerahan dukungan kelengkapan fasilitas Knowledge Hub di Bale Pabukon SPBU COCO 31.453.01 UNPAD Jatinangor, Jumat (21/06). Kegiatan ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang inklusif dan merata.

Turut hadir dalam serah terima tersebut, Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat UNPAD, Prof. Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD., Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dan PTH. Direktur Utama PT Pertamina Retail, Fedy Alberto.

Dalam kegiatan ini, Pertamina memberikan prasarana ruangan knowledge hub dan lebih dari 1200 judul buku bacaan dari beragam bidang keilmuan seperti pengembangan diri, keagamaan, kesehatan, literatur, hukum, hingga novel serta buku cerita anak-anak yang kemudian diserahkan kepada Universitas Padjadjaran untuk di manfaatkan masyarakat luas.

Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat UNPAD, Prof. Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD, dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas keberlanjutan kerja sama antara Pertamina dan UNPAD dalam mengakselerasi pemerataan sarana pendidikan bagi semua lapisan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan dukungan yang luar biasa. Dengan kehadiran Knowledge Hub ini semoga dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi mahasiswa namun juga untuk masyarakat umum.” jelas Prof. Rizky.

Sementara Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyampaikan, melalui Knowledge Hub ini dapat menjadi langkah awal dari komitmen Pertamian dalam mewujudkan kolaborasi penta-helix dari sisi industri.

“Untuk bisa mewujudkan SDGs, dalam hal ini poin 4 atau pendidikan inklusif dan merata, diperlukan sinergi berbagai pihak. Kami sangat berharap, kerja sama dengan UNPAD dapat berkelanjutan dan bisa diterapkan di institusi pendidikan lainnya,” tutupnya.

Senada dengan Irto, PTH Direktur Utama PT Pertamina Retail, Fedy Alberto mengatakan, Knowledge Hub merupakan ruang publik yang didirikan oleh UNPAD dengan tujuan agar menjadi wadah komunikasi dan transfer knowledge di kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

“Oleh karenanya, tempat ini didesain dengan ambience yang santai agar dapat digunakan dalam beragam aktivitas diskusi seperti bedah buku, diharapkan dengan kehadiran Knowledge Hub ini dapat meningkatkan literasi baca bagi para pengunjungnya.” ungkap Fedy.

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.