SIAGA MENGHADAPI KEADAAN DARURAT DI UNIT BISNIS, PT PERTAMINA RETAIL GELAR SIMULASI PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT DI SPBU

October 27, 2021

Batang – Business Unit Head SPBU COCO 41.512.01 Batang Jrakah, Gatot Susilo, melaporkan kepada bahwa telah terjadi flashfire pada area tangki pendam pada saat dilakukan pemeliharaan tangki pendam. Saat kejadian, terjadi tumpahan minyak pada saat pengisian di dispenser nomor 3 pertamax akibat tertariknya selang nozle karena konsumen panik yang berakibat terjadi eskalasi kebakaran di SPBU. Akibat kejadian ini SPBU COCO 41.512.01 Batang Jrakah terpaksa menghentikan sementara operasionalnya.

Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) segera diaktifkan untuk segera melakukan penanggulangan. Kebakaran di area tangki pendam dipadamkan menggunakan 2 unit APAR Beroda dan 2 buah APAR. Dalam peristiwa tersebut, dilaporkan bahwa 2 orang tim vendor pelaksanan tank cleaning, satu orang mengalami pingsan dan satu orang patah tulang. 1 unit mobil ambulans diminta bantuan untk melakukan penanganan dan evakuasi ke RS terdekat. Kebakaran di area Dispenser 3 dipadamkan menggunakan 2 buah APAR. Bantuan pemadaman dimintakan dari Dinas PMK Batang untuk membantu penanggulangan.

PT Pertamina Retail memastikan kondisi SPBU dalam kondisi aman dan diharapkan dapat segera beroperasi kembali. Beberapa langkah pengamanannya antara lain : dilakukan Regular Alternative Emergency (RAE), Menghentikan operasional sementara, melaksankan penanggulangan / pemadaman berkoordinasi dengan damkar kota, memanggil tim medis untuk penanganan korban, segera melakukan inspeksi di tangki pendam serta segera melakukan perbaikan sarfas yang terdampak.

Kegiatan tersebut terangkum dalam Skenario Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat di SPBU Batang-Jrakah. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan respon kesiapsiagaan lokasi unit bisnis dalam menghadapi keadaan darurat meliputi aspek kompetensi personil, kehandalan sarfas dan koordinasi/komunikasi tim PKD lokasi. Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat ini diharapkan juga dilaksanakan oleh Unit Bisnis PT Pertamina Retail lainnya untuk mengevaluasi sistem kesiapsiagaan tanggap darurat di lokasi. Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama antara PT Pertamina Retail, HSSE SH C&T dan PT Pertamina MOR IV.