BEKERJA AMANAH, DO YOUR BEST

November 8, 2021

Jakarta – PT Pertamina Retail (PTPR) kembali menggelar acara Celebration Day yang berlangsung secara daring, Jumat 5 November 2021. Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus wujud apresiasi manajemen Pertamina Retail, khususnya Dewan Direksi, atas pencapaian kinerja para karyawan Pertamina Retail.

Tak cukup sampai disitu, pada kesempatan ini, manajemen juga memberikan pembekalan materi yang mengulas tentang bekerja dengan amanah. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai dasar (core values) BUMN, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

Amanah dalam hal ini yakni memegang teguh kepercayaan yang diberikan melalui perilaku integritas, terpercaya, bertanggung jawab, Komitmen, akuntabilitas, jujur, dan disiplin. Pembekalan materi disampaikan oleh Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI), Adiwarman Azwar Karim.

Adiwarman mengatakan bahwa ada tiga yang perlu dilakukan agar amanah dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab. Pertama adalah melakukan dan memberikan yang terbaik. Kedua ialah bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitar.

“Kalau kita amanah, maka amanah itu bukan hanya buat kita. Amanah itu harus bisa dirasakan oleh orang banyak. Amanah ini didapatkan dari banyak orang, maka manfaatnya harus dirasakan banyak orang,” jelas Adiwarman.

Selanjutnya Adiwarman juga berpesan agar bisa menjaga amanah dengan berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. “Kalau kau tidak dapat melalukan kebaikan itu 100 persen, maka jangan engkau tinggalkan kebaikan itu 100 persen. Lalukan saja semampu kita, gak udah tunggu sempurna baru kita lakukan,” pungkas Adiwarman.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Retail, Iin Febrian menyambut baik pelaksanaan kegitan ini. Iin juga mengapresiasi para karyawan Pertamina Retail yang telah berupaya memberikan kinerja terbaiknya kepada perusahaan.

Iin juga berharap seluruh Perwira Pertamina Retail bisa memetik hikmah dari materi yang disampaikan. Sekaligus bisa menerapkannya pada aktifitas sehari-hari, termasuk pada perusahaan. Iin berharap sinergi dan kolaborasi bisa semakin ditingkatkan guna bersama mewujudkan visi misi Pertamina Retail.

“Bekerja sejatinya untuk memberikan kebaikan. Pekerjaan kita akan terasa lebih ringan dengan motivasi dan semangat tadi, bekerja adalah ibadah.
Do your best ini sangat relevan. Berikan yang terbaik, legacy kita bagi perusahaan,” imbuhnya.