TINGKATKAN KREATIVITAS PONDOK PESANTREN AUTIS AL-ACHSANIYYAH KUDUS MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK KERAJINAN TANGAN

October 19, 2022

Kudus – Dalam upaya mendorong peningkatakan kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) , Pertamina Lubricants bersinergi dengan Pertamina Retail melaksanakan kegiatan pelatihan kerajinan tangan. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan bantuan bahan dan alat untuk pembuatan produk kerajinan tangan. Program Pertamina Sahabat Difabel di Pondok Pesantren Autis Al- Achsaniyyah Kudus ini berfokus pada kemampuan untuk membuat produk kerajinan tangan, dan target outputnya dapat menghasilkan produk yang kemudian dapat dipasarkan.

Bekal pelatihan yang diberikan untuk Bapak Ibu guru terapis dan siswa penyandang disabilitas antara lain pembuatan decoupage (pada media tas, clutch, pouch dari daun pandan), strap mask, dan gantungan kunci. Selama pelatihan, seluruh peserta dipandu oleh praktisi kerajinan decoupage Agnes Novianti dan praktisi usaha aksesoris Afanin . Peserta pelatihan dibimbing setiap langkah demi langkah untuk pembuatan kerajinan tangan ini. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Oktober 2022.

Pada penyerahan bantuan alat dan bahan , Belinda selaku Ast Manager Corporate Communication Pertamina Retail menyampaikan bahwa “Harapan kami, semoga program ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman disabilitas dan menjadikan kegiatan ini terus berkesinambungan”.

Faiz Aziz sebagai perwakilan Tim Task Force TJSL Pertamina Lubricants menambahkan “Semangat juang, kreatifitas dan kemauan untuk terus mengembangkan diri merupakan kunci-kunci sukses seseorang dan apapun usaha yang dijalaninya” tuturnya.

Serah terima bantuan ini dihadiri oleh pimpinan Pondok Pesantren Autis Al Achsaniyyah KH. Moch. Faiq Aftoni, M.Ac, Mch dalam sambutannya “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina yang bersedia menggandeng tangan kami untuk bersama-sama mengembangkan kemandirian kepada santri-santri berkebutuhan khusus ini, harapannya kegiatan ini dapat berkelanjutan dan hasil produk kerajinan tangan tersebut menjadi icon pondok pesantren kami.”

Pertamina Retail dan Pertamina Lubricants mendampingi Pondok Pesantern Autis Al Achsaniyyah hingga dapat berkonstribusi untuk mendukung acara pameran pondok yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.