KOLABORASI PROGRAM CSR PT PERTAMINA RETAIL DENGAN UNIVERSITAS UDAYANA MENINGKATKAN MINAT BACA SEJAK DINI DI PULAU DEWATA MELALUI PROGRAM PELATIHAN LITERASI MEMBACA DAN PENYERAHAN BANTUAN PAKET POJOK BACA

June 24, 2023

Pada tanggal 21 Juni 2023, PT Pertamina Retail bersama Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Bali serta Dinas Pendidikan Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan peresmian pelaksanaan program Literasi Membaca untuk 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Kuta Utara, Bali sebagai wujud kepeduliannya meningkat minat baca sejak dini khususnya anak anak sekolah dasar di Kecamatan Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

Kegiatan peresmian yang dilaksanakan di SD No. 2 Kerobokan Kelod, Kuta Utara ini di hadiri langsung oleh Komisaris PT Pertamina Retail Bapak Mualimin Abdi, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Prof. Dr. Made Sri Satyawati, Manager CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga Ibu Nur Hidayati, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kab. Badung Ibu Rai Raharja, Lurah Kerobokan Kelod I Made Wistawan, Manager Cooporate Secretary & Legal Pertamina Retail Ardhi Widodo serta 6 Kepala Sekolah penerima bantuan paket Pojok Baca.

Komisaris PT Pertamina Retail, Bapak Mualimin mengatakan, bahwa meningkatkan minat baca pada anak itu sangat perlu dan menjadi suatu keharusan. Kami tergugah melihat kondisi sekarang yang ternyata masih ada anak yang sudah kelas 4 bahkan 6 SD masih belum dapat membaca dengan lancar, dan itu semua dikarenakan kurangnya akses pada mereka untuk membaca. Dan kami sadar betul bahwa membaca itu adalah jendela dunia, dimana dengan membaca kita dapat mengetahui informasi yang kita dbutuhkan.

Bersamaan dengan kegiatan ini pihak PT Pertamina Retail juga memberikan bantuan berupa 6 buah paket Pojok Baca yang terdiri dari masing masing 2 buah rak buku beserta buku bacaannya, 4 buah bean bag, serta alas berupa rumput sintetis dan diserahkan ke 6 SD yakni SD No. 2 Kerobokan Kelod, SD No. 4 Kerobokan Kelod, SD No. 4 Kerobokan, SD No 1 Kerobokan, SD No. 5 Dalung, serta SD No. 1 Tibubeneng, Kabupaten Badung Bali.

Selain itu juga PT Pertamina Retail menggandeng Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana untuk berkolaborasi dalam menjalankan program ini, dimana pihak Universitas Udayana menjalankan programnya dengan memberikan pelatihan dasar kepada seluruh guru guru sekolah peserta mengenai literasi membaca dengan tema memancing minat baca pada anak dengan cara menyenangkan.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. Literasi adalah pintu masuk untuk mengetahui cerita dan fenomena tentang dunia.

“Kita tidak dapat memungkiri bahwa minat baca anak anak di Indonesia, khususnya di Bali, masih tergolong rendah,” paparnya.

Padahal, membaca merupakan sebuah aktivitas penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan wawasan dan kecerdasan generasi penerus bangsa.
Oleh sebab itu, usaha menumbuhkan minat baca menjadi suatu hal yang krusial dalam proses pembelajaran.

“Kami mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi upaya nyata dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan sukses di masa depannya,” paparnya.
“Tidak hanya sekedar wawasan dunia tapi juga anak anak bisa membayangkan inovasi kreatifitas dengan hasil mereka membaca,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pendidikan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Badung Rai Raharja juga mengatakan rata rata tingkat literasi berdasarkan rapor pendidikan masih rendah.
Oleh karenanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Badung mendukung penuh kegiatan seperti ini sejalan dengan Kementerian Pendidikan melalui program meningkatkan literasi anak didik.

“Tingkat literasi berdasarkan rapor pendidikan tahun 2022 50 persen 1 dari 2 anak masih literasi rendah. Kegian ini sejalan dengan Kementerian meningkatkan literasi anak didik,” paparnya.

“Tidak hanya senang membaca tapi menceritakan kembali, tapi juga membiasakan anak berpikir kritis harus gemar membaca, karena pemerintah tidak bisa bergerak sendiri,” pungkasnya. (

Rangkaian kolaborasi Kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Retail dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana ini adalah; Pelatihan Literasi Membaca Untuk Seluruh Guru dari 6 sekolah SD peserta, Menyerahkan Bantuan Paket Pojok Membaca ke 6 SD yang berada di Kuta Utara, Memonitoring Kegiatan paska pelatihan ke sekolah sekolah peserta dan penyerahan bantuan.