PERTAMINA RETAIL BOYONG TIGA PENGHARGAAN PADA AJANG NUSANTARA CSR AWARD 2023

July 6, 2023

Jakarta – Bersaing dengan para pelaku industri terbaik, PT Pertamina Retail berhasil meraih tiga penghargaan pada Nusantara CSR Award 2023. Program CSR PT Pertamina Retail pada kategori Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan yang Berkualitas dan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi pada acara yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

“Kami menyelaraskan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Retail dengan fokus program yang dijalankan Pemerintah. Setelah konteksnya sesuai, kami gencar melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas dari program. Contohnya seperti pelatihan dan studi banding agar dapat diaplikasikan di tempat lain,” kata VP ICT & Finance, Achmad Wahyudi saat menerima penghargaan (5/7).

Dewasa ini, penilaian kinerja perusahaan tidak cukup dilihat dari keberhasilan disisi keuangan, tapi perusahaan juga dituntut untuk memberikan keberhasilannya dari segi etika, sosial, dan lingkungan. Ketiga pilar tersebut menjadi acuan tata laku bisnis yang baik dewasa ini.

Yudi sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa melalui TJSL, perusahaan dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. “Melalui program dan kegiatan CSR yang sesuai dengan kebutuhan kelompok dan masyarakat, citra perusahaan di mata masyarakat akan semakin baik, karena perusahaan dapat menunjukkan tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap lingkungan,” ujar Yudi.

Bukan hanya bagi masyarakat, Yudi juga menjelaskan bahwa kinerja CSR yang baik dan berkelanjutan untuk dapat dilakukan terus-menerus dewasa ini dapat menumbuhkan kepercayaan mitra usaha, “Pelaksanaan CSR yang konsisten dan berkelanjutan akan membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan mitra usaha,” jelas Yudi.

Atas perolehan tiga penghargaan tahun ini, Yudi menyampaikan terima kasihnya pada Mitra Binaan dan juga masyarakat serta perwira yang ikut terlibat, “Pencapaian ini tentunya juga berkat dukungan dan dedikasi dari Mitra Binaan program Agriculture Hafidz Enterpreneur School, program Inovasi Pojok Baca, program Kampung Tanggap Sehat serta seluruh masyarakat yang selama ini selalu bersama-sama dengan kita, mendukung operasional PT Pertamina Retail. Saya mewakili perusahaan mengucapkan terima kasih atas dukungan selama ini,” ucap Yudi.

Perolehan penghargaan ini dilakukan melalui proses seleksi yang ketat, mulai dari seleksi risalah, kemudian dinilai oleh juri-juri berpengalaman yang spesifik di setiap kategorinya. Dari sekian banyak perusahaan yang mendaftar, tidak sedikit peserta yang terhenti dalam proses seleksi tersebut. Melalui penilaian tersebut membuktikan bahwa kemanfaatan dan dampak dari program TJSL yang dimiliki PT Pertamina Retail sudah pada jalur yang tepat untuk kesejahteraan masyarakat.

Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan La Tofi School of Social Responsibility. Ajang ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik

Sebagai informasi. La Tofi School of Social Responsibility yaitu sebuah mazhab baru CSR berciri Indonesia. The La Tofi School of CSR (LSCSR) digagas oleh: La Tofi, Prof. Dr. Ibnu Hamad, Edi Suharto Ph.D., Ir. Jalal M.Si., dan Toto Sugito. LSCSR memandang CSR sebagai kreativitas perusahaan untuk memajukan bisnisnya. LSCSR adalah teman bagi para pimpinan perusahaan, pemerintah dan lembaga untuk berbagi inspirasi dalam upaya melahirkan program-program CSR terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.

Rangkaian kegiatan Nusantara CSR Award diawali dengan sambutan oleh Chairman La Tofi School of Social Responsibility Bapak Latofi, Seminar, Konferensi dan acara puncaknya yaitu Malam Penganugrahan. Kegiatan ini juga dihadiri, Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Bapak Yanuar Nugroho, Ketua Umum Independen Pekerja Sosial Profesional Indonesia Bapak Puji Pujiono, Prof. Ibnu Hamad Guru Besar Komunikasi UI sekaligus Ketua Tim Penilai NCSRA 2023.