PERTAMINA RETAIL DAN UNIVERSITAS PERTAMINA TANDATANGANI MOU UNTUK PERKUAT SINERGI SUSTAINABILITY INITIATIVE DAN PERMBEDAYAAN MASYARAKAT

August 2, 2023

PT Pertamina Retail (PTPR) dan Universitas Pertamina melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau MoU (Memorandum of Understanding) dalam bidang pengembangan pelatihan, pengembangan riset dan teknologi, pengembangan usaha di bidang fuel dan non fuel serta pembedayaan masyarakat di Gedung Grha Pertamina Fastron Selasa, (1/8/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Iin Febrian selaku Direktur Utama PTPR dan Prof. DR. Wawan Gunawan selaku Rektor Universitas Pertamina, disaksikan langsung oleh Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan juga selaku Ketua Advisory Board serta jajaran Direksi PT Pertamina (Persero), Agus Mashud selaku President Director Pertamina Foundation, serta pejabat tinggi lainnya di lingkungan Pertamina. Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama dilakukan secara serentak baik dalam rangka sinergi Pertamina Group maupun dengan pihak external dari Pemerintahan dan lembaga lainnya.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero), saat ini kita tengah menghadapi tiga tantangan besar untuk meraih kemandirian energi yang berkelanjutan, yaitu pengembangan teknologi, kecukupan pendanaan, dan kesiapan SDM. “Meskipun telah mencapai target penurunan emisi sebesar 31 persen pada tahun 2022, Pertamina terus mendorong kolaborasi dengan multi stakeholder untuk mencapai tujuan Net Zero Emission (NZE),” Papar Nicke.

Sebanyak 24 kerja sama Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina dengan 18 mitra di lingkungan Pertamina dan eksternal, diharap jadi langkah awal menjawab tantangan energi bangsa. Mendukung dekarbonisasi, jalinan kerja sama diteken dengan PT Pertamina International Shipping (PIS), PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), PT Pertamina Power Indonesia (PPI), Commercial and Trading Subholding (CNT) PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Direktur Utama PT Pertamina Retail, Iin Febrian mengatakan penandatanganan MoU ini diharapkan bisa ditingkatkan menjadi Perjanjian Kerjasama (PKS) dan mampu mendorong peningkatan kinerja perusahaan melalui Energy Station Academy (ESA) sebagai wadah perusahaan untuk melakukan improvement, inovasi dan invensi, baik produk fuel maupun non fuel.

Pada kesempatan yang sama, Iin menyampaikan pentingnya dunia usaha dalam percepatan dukungan untuk program pengembangan masyarakat karena dunia usaha dapat berperan secara aktif melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) untuk turut serta dalam memajukan ekonomi masyarakat di daerah.

“Kolaborasi ini merupakan kunci dalam keberhasilan pembagunan masyarakat yang ada, perjanjian kerjasama dengan Universitas Pertamina merupakan bentuk keseriusan PTPR dan kolaborasi dengan lembaga dalam mengembangkan masyarakat di sekitar unit bisnis,” ujar Iin.

“Maksud dan tujuan Nota Kesepahaman ini adalah sebagai landasan penyusunan perjanjian kerja sama bagi Para Pihak mengenai sinergi Pertamina Grup Ada tiga poin utama yang kami sepakati selain Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yaitu Pendidikan dan Training melalui program Riset, Teknologi dan Development serta Pengembangan Bisnis Fuel dan Non Fuel Retail” tambah Iin.