SAMBUT HUT RI KE -78, PERTAMINA RETAIL DAN PERTALIFE INSURANCE GELAR AKSI DONOR DARAH DI SPBU

August 7, 2023

Jakarta – Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, PT Pertamina Retail (PTPR) dan PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah. Kegiatan ini juga sekaligus dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, yang bertempat di Community Hub SPBU COCO MT Haryono Jakarta (7/8).

Kegiatan donor darah merupakan salah satu program rutin yang diselenggarakan oleh PT Pertamina Retail setiap 3 bulan sekali namun berbeda kali ini PTPR menggandeng Pertalife Insurance dalam pelaksanaan nya. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB diikuti oleh perwira PTPR dan PertaLife Insurance berhasil mengumpulkan sebanyak 100 kantong darah dari 110 orang yang mendaftarkan diri dan yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan.

Dalam sambutannya Direktur Keuangan & Umum PT Pertamina Retail, Achmad Syaihu Rais menyampaikan donor darah ini sebagai kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan harapan kegiatan ini juga membantu PMI DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan jumlah darah yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Syaihu menyerukan dan mengajak kepada semua perwira PTPR dan PertaLife Insurance untuk lebih rutin lagi mendonorkan darahnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PMI, minimal 6 bulan sekali, imbuhnya.

“Di moment ini juga kita mengenang bagaimana para Pahlawan meneteskan darah untuk perjuangan Bangsa Indonesia tercinta, menyambut HUT RI yang ke-78, dan dapat mendorong minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.” ujar Syaihu.

“Dengan adanya kegiatan sosial ini, ia berharap semoga PTPR semakin diterima dan dikenal di masyarakat sebagai pengelola dan penyalur bahan bakar dan non bahan bakar produk Pertamina, perusahaan akan semakin maju dan berkembang,” tambah Syaihu.

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi, menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang terjalin antara PertaLife Insurance dan PTPR. Sebelumnya kedua Perusahaan juga sudah bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan CSR di Surabaya yang disambut antusias oleh masyarakat, dan saat ini kembali bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan sosial kemanusiaan yaitu donor darah.

“Atas nama manajemen PertaLife Insurance, saya mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PTPR, seluruh pendonor, PMI, dan juga seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan transfusi darah, tapi donor darah juga bermanfaat bagi pendonor, diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan untuk mendeteksi penyakit serius, kegiatan donor darah ini juga memiliki peran penting dalam menyelamatkan nyawa seseorang karena satu tetes darah sangat berharga, In Sha Allah bagi pendonor selain diberikan kesehatan juga akan diberikan pahala atau balasan yang besar dari Allah SWT.” Kata Hanindio.

Hanindio juga berharap PertaLife Insurance dan PTPR terus menjalin sinergi, bukan hanya yang terkait dengan bisnis Perusahaan, namun juga terkait program sosial dan kemanusiaan, kerja sama ini menjadi bentuk nyata sinergi keluarga besar Pertamina group.

Tidak hanya kegiatan donor darah yang dilakukan oleh PT Pertamina Retail. Perwira Pertamina Retail juga menyelenggarakan beberapa perlombaan antar divisi demi memeriahkan dan menyambut hari jadi Republik Indonesia ke-78.

Melalui kegiatan ini juga mengharapkan dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran dalam diri masing masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesama manusia. Sebab setetes darah dari kita sangat berarti untuk orang lain yang sedang membutuhkan, satu sumbangan darah dapat menyelamatkan setidaknya satu nyawa.