PEDULI PENDIDIKAN, PERTAMINA RETAIL DUKUNG PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK

August 12, 2023

Malang – Pengembangan karakter anak sangat penting karena akan berpengaruh kuat pada perilaku anak sebagai generasi pemimpin di masa mendatang.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Pertamina Retail turut serta dan berpartisipasi aktif dalam acara Meningkatkan Karakter Anak yang diselenggarakan di SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang dengan tema “Mengembangkan Karakter Anak Melalui Guru dan Orangtua Untuk Kota Malang Yang Hebat”.

Acara yang dihadiri oleh Bapak Walikota Malang Sutiaji, Suwarjana Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Mokhamad Dulajis Lurah Tanjungrejo, Hariz Musmar Ambassador Region V Pertamina Retail, Belinda Ast. Manager Corporate Communication Pertamina Retail didukung oleh berbagai pihak seperti relawan dari Kembali Sekolah Foundation.

“Mempersiapkan Generasi Emas yang berkarakter, anak-anak memegang peranan strategis untuk masa depan Indonesia kedepannya. Generasi saat ini sangat mengharapkan calon pemimpin bangsa yang mencerminkan generasi emas itu sendiri yakni cerdas, sehat, unggul, berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral yang kuat. Untuk itu, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk dukungan kami terhadap program-program pemerintah yang turut membantu perkembangan anak yang salah satunya dengan meningkatkan karakter anak,” ujar Hariz Musmar.

Pertamina Retail dan Tenaga Kependidikan Anak Sekolah Dasar Kota Malang berperan dalam membentuk karakter anak. Hal tersebut disampaikan Walikota Malang, Sutiaji saat memberikan sambutan pada acara Ceremonial Meningkatkan Karakter Anak, Jumat (11/8).

Sutiaji mengatakan, Guru di Kota Malang mengambil peranan penting dalam membentuk karakter anak khususnya yang mengikuti pendidikan formal. Menurutnya, setiap anak memiliki karakter dan latar belakang berbeda sehingga guru memiliki peran besar untuk mengarahkan anak untuk memiliki karakter kuat dan baik.

Wali Kota Malang hadir mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya kerjasama antara instansi, lembaga pendidikan dan orang tua harus makin dikuatkan. Sebab tantangan ke depan semakin besar. Bonus demografi Indonesia memberikan keuntungan sekaligus tantangan besar, sehingga penguatan karakter anak menjadi hal yang penting agar generasi Indonesia ke depan memiliki tenaga terampil

“Untuk mengembangkan dan menguatkan karakter anak bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, era digitalisasi membuat anak dengan mudah mengakses berbagai macam informasi. Kalau tidak didampingi khawatir akan membahayakan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana menyampaikan, bahwa kegiatan seperti ini sangat penting terutama di jenjang SD. Sebab selama ini di sekolah dasar tidak memiliki guru BK khusus, sehingga melekat pada guru mata pelajaran agama.

Suwarjana menyebut, pendidikan karakter anak bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah saja, namun juga lingkungan keluarga. Maka dari itu dengan pelatihan pada guru dan juga orang tua ini kita benahi bersama dan perkuat karakter anak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program ini telah dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2023 lalu diikuti seluruh guru guru dan kepala sekolah dari 5 sekolah dasar negeri yang ada kelurahan Tanjungrejo, kecamatan Sukun, Kota Malang. Pelatihan dilaksanakan dengan metode jemput bola atau dengan memberikan pelatihan di sekolahnya masing-masing hingga tanggal 18 Agustus 2023. Dengan metode ini diharapkan seluruh guru dan karyawan disekolah tersebut dapat mengikuti pelatihan ini.

Selain program pelatihan untuk guru, CSR Pertamina Retail juga mengadakan seminar parenting untuk perwakilan orangtua dari sekolah peserta tersebut, dimana materi yang diberikan adalah bagaimana menjadi guru profesional di rumah dan mengembangkan karakter anak dirumah.

Dalam rangkaian kegiatan ini pihak Pertamina Retail juga mengadakan lomba menghias kelas antar sekolah peserta, dimana para siswa siswi serta guru berkolaborasi untuk menciptakan kelas yang nyaman dan tenang guna menunjang semangatnya kegiatan belajar mengajar di sekolah.