MEMBANGUN ASA UNTUK MASA DEPAN PERTANIAN SELARAS ALAM YANG BERKELANJUTAN

August 14, 2023

Bogor – Pendekatan pertanian selearas alam yang dibangun dan dipraktekkan di masyarakat selama periode program ini mengusahakan banyak hal yang dilakukan oleh santri untuk menjamin keberlangsung kebutuhan pangan. Salah satunya dengan peralihan bahan–bahan sintesis dalam pertanian ke penggunaan bahan–bahan organik baik itu pupuk, obat–obatan, bahkan bahan dan alat yang lebih ramah terhadap lingkungan. Imbas dari peralihan tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat baik dari sisi lingkungan maupun ekonomi yang mengalami perubahan semakin baik. Perubahan–perubahan tersebut merupakan inspirasi yang patut disebarkan.

Selain mengelola dan mendistribusikan Bahan Bakar Minyak dan membangun program berkelanjutan, Pertamina Retail juga terus berupaya untuk turut memberi kontribusi sosial kepada berbagai pihak yang berada dalam ekosistem kawasan dan wilayah sekitar unit bisnis. Kontribusi sosial tersebut salah satunya diinisiasi melalui program Kemitraan Pertanian Lokal. Program ini diterapkan melalui pelatihan dan pendampingan praktek pertanian ramah lingkungan, diantaranya pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan pestisida nabati yang diikuti Yayasan Podok Pesantren binaan di wilayah Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (14/8).

Kegiatan yang bertajuk Pertanian Organik Selaras Alam tersebut dihadiri oleh Ibu Belinda selaku Ast. Manager Corporate Communication Pertamina Retail, pimpinan pondok pesantren Daarul Amal Ust. Ridwan, serta santri dan pengajar pondok pesantren.

Belinda mengatakan, “Kami memberikan edukasi dan pendampingan kepada para santri pondok pesantren Daarul Amal melalui pelatihan pertanian yang ramah lingkungan. Kami harap melalui pelatihan ini dapat menjadi bekal pengetahuan juga keterampilan pertanian yang selaras dengan prinsip-prinsip sustainable agriculture. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program dari Corporate Secretary & Legal bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Green Initiative perusahaan di bidang lingkungan, ekonomi, dan sosial serta green intiative yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar (community empowerment) ujarnya.”

Kegiatan pelatihan bagi para santri pondok pesantren ini dibagi menjadi dua kegiatan. Pertama, pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), yang bertujuan untuk membekali santri dengan ilmu dan keterampilan membuat pupuk organik cair dengan memanfaatkan bahan-bahan organik. Kedua, pelatihan pembuatan Pestisida Organik atau Pestisida Nabati (Bio-Pestisida), yang bertujuan untuk membekali santri dengan ilmu dan keterampilan membuat pestisida organik atau pestisida nabati yang berbahan dasar tanaman-tanaman liar di kebun.

Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas (capacity building) dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment) terhadap komunitas pondok pesantren. Selain itu, pelatihan tersebut juga berorientasi pada pelestarian lingkungan dengan cara mengurangi (reduksi) dan meminimalisasi penggunaan bahan-bahan kimia, yang mana bahan-bahan tersebut sering digunakan dalam aplikasi pupuk dan pestisida di bidang pertanian. Dengan begitu, pertanian yang diterapkan bisa berkembang selaras dengan konsep pertanian hijau (green agriculture).

Pimpinan pondok pesantren Daarul Amal Ust. Ridwan mengucapkan terimakasih dan mendoakan agar program ini dapat berjalan dengan lancar dan ilmu yang didapatkan berguna untuk masyarakat lebih khusus bagi para santri.

“Kami pondok pesantren mengucapkan banyak terimakasih mudah-mudahan Allah bisa membalas semua kebaikan dan perusahaan menjadi tumbuh berkembang, semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan tanaman yang kami hasilkan menjadi subur” ujar Ust. Ridwan.