TINGKATKAN PELAYANAN DI AWAL TAHUN 2024, PERTAMINA RETAIL JALIN KERJASAMA PENYEDIAAN BAHAN BAKAR KENDARAAN UNTUK PEMERINTAH KOTA SEMARANG

January 11, 2024

Semarang – PT Pertamina Retail (PTPR) sebagai bagian dari Subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga terus menjalin kemitraan strategis ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama penyediaan bahan bakar melalui teknologi RFID (Radio-Frequency Identification) untuk kendaraan dinas yang ada di Pemerintah Kota Semarang.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Manager Sales Area IV PT Pertamina Retail, Sugeng Riadi dan Walikota Semarang, Ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu di SPBU COCO 41.502.02 Sultan Agung Semarang, Jumat (05/01). Kerja sama ini mencakup penerbitan dan distribusi kartu RFID untuk kendaraan operasional dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dinas Pemadam Kebakaran.

Melalui kerja sama tersebut, PT Pertamina Retail dan Pemerintah Kota Semarang berupaya meningkatkan transparansi, efisiensi dan kemudahan transaksi BBM bagi pelanggan korporasi, dalam hal ini di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

”Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Semarang dalam hal penggunaan produk Pertamina. Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, yang didukung dengan kecanggihan teknologi,” kata Sugeng dalam sambutannya.

Penggunaan kartu RFID memiliki sejumlah keuntungan di antaranya, memiliki teknologi smart reporting sehingga seluruh informasi mengenai transaksi seperti nominal dan lokasi transaksi akan otomatis tercatat di sistem sehingga transaksi tidak dapat dimanipulasi dan dapat dilihat secara real time. Selain itu, kartu RFID bersifat fleksibel yakni dapat dilakukan limitasi pengisian sesuai keinginan dari pelanggan.

”Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengeluaran BBK di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, memang baru dua dinas yang sudah bisa menggunakan pembelian BBM dengan kartu RFID tentunya dinas-dinas yang lain akan menyusul dan saat ini sedang dalam proses penyusunan kontrak kerjasamanya,” ujar Hevearita.

“Tentunya kerjasama ini merupakan langkah awal untuk kerjasama-kerjasama dalam bentuk lain” tutup Hevearita.

PT. Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia dengan memberikan nilai lebih khususnya dalam pelayanan penyediaan bahan bakar dan non bahan bakar melalui produk serta jasa yang terintegrasi melalui pengembangan digitalisasi.