CIPTAKAN DAMPAK POSITIF DAN BERKELANJUTAN, PTPR SIAP PERKUAT IMPLEMENTASI ESG

March 4, 2024

Jakarta – PT Pertamina Retail (PTPR) terus berupaya mempertegas komitmen dalam menciptakan bisnis yang lebih berkelanjutan dengan menggelar sharing session penyusunan strategi Environment, Social, dan Governance (ESG) bersama VP Investor Relations PT Pertamina (Persero), Juferson Victor Mangempis, di Kantor Pusat PT Pertamina Retail pada Rabu (28/02).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jajaran Manajemen dan Perwira dibuka dengan sambutan dari Manager Corporate Secretary & Legal sekaligus Ketua Tim Penyusun ESG PTPR, Ardhi Widodo. Ia menyampaikan, Sharing session ini menjadi langkah konkret Pertamina Retail dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ESG, sehingga PTPR dapat terus berkontribusi positif bagi keberlanjutan lingkungan

“Perusahaan yang mengadopsi ESG dalam bisnisnya akan menerapkan tanggung jawab sosial dan lingkungan serta tata kelola yang baik. Dengan begitu, sharing session ini menjadi tanda bahwa ESG menjadi prioritas bagi PT Pertamina Retail untuk menghadirkan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Ardhi.

Menurut Juferson, ESG erat kaitannya dengan Corporate Risk Management, ESG tidak hanya bersinggungan dengan aspek bisnis, melainkan juga dengan aspek non-bisnis. Penerapan ESG yang baik tentu dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan tentunya harus didukung oleh komitmen dari top management hingga para Perwira.

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi PT Pertamina Retail untuk merumuskan program ESG yang berkelanjutan. Kami sebagai induk perusahaan pastinya akan sangat terbuka jika ke depan PT Pertamina Retail memerlukan konsultasi lebih lanjut. Kami sudah memulai lebih dahulu perjalanan ESG, namun banyak hal lain yang masih bisa kita pelajari bersama,” jelas Juferson.

Sebagai garda terdepan penyalur energi yang bertanggung jawab, Pertamina Retail menyadari pentingnya untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan dalam setiap aspek bisnisnya. Implementasi ESG di seluruh lingkungan kerja akan menjadi dasar bagi langkah-langkah nyata yang mendukung keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan transparansi.

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.