PTPR IKUT SERTA PELATIHAN BAHASA ISYARAT, TINGKATKAN PELAYANAN TERBAIK UNTUK SEMUA PELANGGAN

March 6, 2024

Jakarta – Pertamina Retail terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan, hal ini dibuktikan dengan berpartisipasi dalam pelatihan bahasa isyarat (BISINDO) yang diinisiasi oleh Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga bagi pekerja Bright Store dan Bright Café di Grha Pertamina. (5/3)

Program pelatihan ini digelar untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan ramah difabel. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pekerja Bright Store dan Bright Cafe dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan menyeluruh kepada semua pelanggan, termasuk mereka yang menggunakan bahasa isyarat.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2023, disebutkan jumlah penyandang disabilitas Indonesia mencapai 22,97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia. Hal inilah yang mendorong PT Pertamina Retail untuk meningkatkan aksesibilitas kaum difabel terhadap pelayanan secara umum.

Dalam keterangan terpisah Manager Corporate Secretary & Legal, Ardhi Widodo menyampaikan, Bright Store dan Bright Café menjadi garda terdepan pelayanan kepada masyarakat. Lewat pelatihan BISINDO ini Perusahaan memastikan untuk menghadirkan layanan yang lebih baik dan ramah bagi seluruh lapisan masyarakat, dalam hal ini utamanya komunitas Tuli.

“Kami percaya bahwa setiap pelanggan memiliki hak yang sama untuk merasakan pengalaman pelayanan terbaik. Dengan mengadakan pelatihan bahasa isyarat, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam setiap praktik bisnis kami.” Ucap Ardhi.

Pelatihan BISINDO ini dipandu oleh Perwira Pertamina Patra Niaga, Bambang Ramadan dan Perwira Pertamina Retail, Angelius Wahyu Utomo, yang juga merupakan Teman Tuli. Angelius mengaku sangat senang dapat berbagi pengetahuan baru mengenai Bahasa Isyarat kepada teman-teman Bright Store dan Bright Café.

“Sangat menarik sekali, awalnya teman-teman banyak yang canggung karena mungkin ini pertama kalinya mereka berinteraksi dengan Teman Tuli. Saya berharap bisa terus mengenalkan BISINDO kepada teman-teman lain dengan membangun tim belajar,” kata Angelius.

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.