PERTAMINA RETAIL BERKOMITMEN CIPTAKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN MELALUI PENERAPAN AKHLAK DAN HSSE CULTURE

March 14, 2024

Jakarta – PT Pertamina Retail terus memperkuat komitmen menciptakan tata kelola perusahaan yang baik dengan mengadakan sharing session bertajuk “Leadership untuk Pencegahan Fraud dengan Soft Skill & HSSE Culture” bersama Komite Audit PT Pertamina Retail sekaligus Advisor HSSE PT Pertamina International Shipping, Widya Putra, di Kantor Pusat PT Pertamina Retail pada Rabu (13/03).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jajaran Manajemen dan Perwira dibuka dengan sambutan dari Direktur Utama PT Pertamina Retail, Iin Febrian. Ia menyampaikan, untuk mencapai visi PT Pertamina Retail, diperlukan SDM yang unggul, kompeten dan berintegritas.

“Saya berharap kita semua bisa mendapatkan perspektif baru dan menjadi lebih menyadari risiko fraud yang ada di perusahaan dan bagaimana cara memitigasinya sehingga ke depan perusahaan tidak mengalami kerugian finansial dan non finansial,” ujar Iin.

Pada pemaparan materi, Widya menjelaskan mengenai Fraud Triangle atau tiga hal yang dapat mendorong terjadinya fraud, yakni pressure atau adanya tekanan, rationalization atau rasionalisasi seseorang untuk melakukan penyimpangan, dan opportunity atau kesempatan untuk melakukan kecurangan. Ketiga hal ini, menurut Widya, dapat diperparah jika perusahaan tidak memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

“Untuk mencegah terjadinya fraud, rekan-rekan Perwira jangan bosan untuk berpegang teguh pada tata nilai AKHLAK. Dengan begitu, setiap tingkah laku rekan-rekan akan berlandaskan nilai moral dan etika yang dapat meminimalisir munculnya potensi penyimpangan atas penggunaan asset perusahaan,” terang Widya.

Selain menjunjung nilai AKHLAK, hal yang dapat dilakukan untuk memitigasi terjadinya fraud adalah dengan mengasah hard dan soft skills para pekerja. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan mendapatkan pelatihan atau sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan mengasah sekill komunikasi, berpikir kritis, dan creative problem solving.

Tidak hanya itu, Widya menambahkan, penerapan HSSE Culture yang baik juga dapat membantu pencegahan terjadinya fraud terutama di unit bisnis. “Penguatan safety and asset integrity dapat memastikan asset perusahaan telah melalui proses pengadaan yang aman dan dipergunakan dengan baik yang dapat berimplikasi mengurangi risiko terjadi kecelakaan kerja,” ujar Widya.

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.