PERTAMINA RETAIL SIAP PERKUAT KETAHANAN ENERGI NASIONAL MELALUI PENAMBAHAN SPBU DI SULAWESI BARAT

March 31, 2024

Jakarta – PT Pertamina Retail sebagai bagian dari Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam kerja sama pengembangan SPBU dan fasilitas pendukung lainnya di lingkungan Provinsi Sulawesi Barat.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina Retail, Iin Febrian dan PJ Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh pada Rabu (28/03) di Kantor Pusat PT Pertamina Retail, Jakarta Pusat.

Iin Febrian, dalam sambutannya mengatakan, adanya kerja sama ini merupakan komitmen bersama dari kedua instansi dalam meningkatkan pemerataan distribusi energi di seluruh penjuru negeri, khususnya di Kabupaten Mamuju.

“Menindak lanjuti kunjungan kami sebelumnya di Kabupaten Mamuju, kami yakin kerja sama ini dapat membantu masyarakat dalam mengakses energi secara lebih terjangkau karena saat ini, ketersediaan SPBU dan fasilitas pendukungnya masih cukup terbatas. Di lain sisi, hal ini juga dapat menguntungkan bagi Pertamina Retail dalam mengembangkan jaringan bisnis di Provinsi Sulawesi Barat,” ujar Iin.

Pada kesempatan yang sama, PJ Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan mendukung secara penuh agar projek pembangunan SPBU dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

“Kebutuhan energi, dalam hal ini BBM, di Sulawesi Barat sangat besar. Karena saat ini aktivitas bisnis dan perdagangan terus berkembang. Semoga dengan adanya pilot project pembangunan SPBU ini, upaya-upaya pemenuhan energi lainnya dapat dilakukan secara bertahap,” tutur Prof. Zudan.

Komisaris PT Pertamina Retail, Mualimin Abdi, yang juga hadir pada acara penandatangan nota kesepahaman menyampaikan, “Adanya nota kesepahaman antara Pertamina Retail dan Pemprov Sulawesi Barat merupakan suatu langkah positif. Sehingga kami berharap rekan-rekan Pemprov dapat memberikan bantuannya agar tahap perizinan dapat diupayakan dengan segera,” jelas Mualimin.

Adapun dalam rencana kerja sama ini, PT Pertamina Retail akan membangun SPBU beserta fasilitas pendukung lainnya termasuk produk Non Fuel Retail (NFR) yang bertempat di Simborok-Mamuju dan Palipi-Mejane dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Lokasi ini dipilih karena strategis dan jalur trans Sulawesi.

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.