BUSINESS JUDGEMENT RULE, PONDASI PERTAMINA RETAIL TINGKATKAN VALUE PERUSAHAAN

October 18, 2022

Yogyakarta – PT Pertamina Retail (PTPR) melalui fungsi Corporate Secretary & Legal menggelar workshop Legal Preventive Program mengenai Business Judgement Rule di The Alana Hotel and Convention Center, Yogyakarta, pada 12-14 Oktober 2022. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan regulasi ataupun aturan yang ditetapkan.

“Kegiatan ini menjadi sangat penting bagi PTPR karena membangun fundamental pondasi yang kuat terhadap proses bisnis perusahaan,” kata Direktur Utama Pertamina Retail Iin Febrian.

Hal ini juga, Iin menambahkan, menjadi penunjang kinerja sesuai target yang sudah ditetapkan. “Ini membuat kontribusi yang terbaik kepada perusahaan untuk mencapai kebutuhan RKAP, baik tahun 2022 ini maupun di tahun-tahun yang akan datang,” lanjut Iin.

Ia juga menyampaikan, memahami Business Judgement Rule merupakan bentuk tanggung jawab seluruh leaders termasuk direksi didalamnya agar dapat membuat keputusan yang tepat sesuai kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

“Ini harus dipahami betul, karena selain membuka wawasan terhadap proses bisnis, juga menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan maupun keputusan, dalam menjalankan pengelolaan Korporasi dan cara mengelola perusahaan yang baik dengan memenuhi unsur kehati-hatian kepada Pekerja PT Pertamina Retail,” terang Iin.

Corporate Secretary & Legal PT Pertamina Retail Achmad Wahyudi mengatakan, Workshop Legal & Compliance dan Legal Preventive Program ini untuk menyelaraskan pemahaman-pemahaman terhadap aspek hukum bagi seluruh Perwira PT Pertamina Retail.

“Kami memahami bahwa seluruh Perwira Pertamina Retail memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, sehingga mempunyai pandangan hukum yang berbeda pula. Untuk itu, kegiatan ini diadakan untuk menyelaraskan pandangan hukum bagi para perwira, tentunya yang sesuai dengan Good Corporate Governance,” ungkap Yudi.

Yudi berharap, dengan dibekali pengetahuan yang mengenai hal tersebut diharapkan para pengambil keputusan tidak salah strategi yang pada akhirnya menyebabkan kerugian perusahaan.

“Ini yang harus kami hindari, bagaimana perusahaan dapat berjalan baik, membukukan profit, dan terus berinovasi? Untuk itu, harus dipahami betul landasan hukumnya dalam setiap menjalankan tugas pokoknya, sehingga jika ingin melakukan terobosan, inisiatif strategis, bahkan pengambilan keputusan, Pertamina Retail tidak salah dari sisi legalnya agar perusahaan dapat berkembang dengan baik sebagaimana mestinya,” tutur Yudi.